Sabtu, 03 November 2012

Ayam Krispi Yummy




Namanya ayam krispi. Duh, si kecilku sukaaa banget sama ‘cemilan’ yang satu ini. Nggak mau kalah, ayahnya juga hobi banget gangguin saat si kecil, Habib-ku lagi asyik menyantapnya. Katanya, “sini Ayah bantuin, Ayah kan baik.” Hahaha…

Berhubung kedua soulmate saya sangat ngefans dengan makanan ini, mau nggak mau tiap hari si ayam krispi tersebut harus ada di atas meja makan. Dan oleh karena saya adalah seorag ibu rumah tangga sejati, saya tidak membiarkan kedua kekasih hati saya itu mengkonsumsi sesuatu yang bisa saya bikin sendiri. 

Duluuu saya memang tidak pernah bisa sukses hingga si ayam tersebut benar-benar krispi. Tapi sekarang, saya jagonya (versi Habib dan sang ayah, tentunya) hihihi…

Ternyata mudah banget bunda bikin ayam krispi atau kentucky fried chicken ini. 

Ni dia versi saya...

 Bahan :

  •       Ayam mentah cuci bersih. Biasanya saya hanya memakai seperempat kilo aja untuk duo soulmate. Biasanya juga saya potong kecil-kecil, saya pisahin antara tulang dan daging.
  •       Tepung terigu secukupnya
  •       Air dingin

Bumbu :
  •       2 siung bawang merah (tanpa bawang merah juga bisa)
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar kasar
  • 1 ruas jari kunyit
  • Garam secukupnya

Cara memasaknya :
  1. Haluskan bumbu
  2. Lumuri ayam dengan bumbu halus. Diamkan beberapa menit.
  3. Siapkan tepung terigu di atas piring/wadah lain.
  4. Taburi tepung terigu dengan sedikit garam dan penyedap rasa. Aduk.
  5. Siapkan air dingin dalam mangkok/baskom lain.
  6. Ambil satu persatu ayam yang sudah dilumuri bumbu tersebut lalu taruh di piring/wadah yang berisi tepung terigu. Lumuri/aduk hingga ayam rata dengan lumuran tepung terigu.
  7. Angkat ayam yang sudah dilumuri tepung terigu tersebut lalu masukkan ke dalam air dingin. Diamkan sejenak.
  8. Angkat ayam di dalam rendaman air dingin, lalu letakan di dalam tepung terigu lagi. Lumuri hingga rata, lalu goreng deh J
  9. Ulangi No. 6 – No. 8 untuk ayam-ayam selanjutnya. Hingga ayam habis.
  10. Jika masih tersisa tepung, goreng aja bunda, krispi kok (^_^)
Selamat mencoba, Bun…  insya Alloh dijamin lebih bersih dan halal

2 komentar:

  1. wah makin laper nih gan....
    jadi pengen punya istri biar ada yang masakin :(

    BalasHapus
  2. nggak perlu nunggu punya istri, bikin sendiri jg oke kok :D

    BalasHapus