Jumat, 04 April 2014

Si 'Coklat' Lento

Namanya lento (nulisnya pake huruf h ga ya?!), makanan yang terbuat dari tempe medem (tempe yang sudah didiamkan 2-3 hari). Dulu, ibu saya sering banget bikin makanan ini. Katanya, kalau udah ada lento, tidak diperlukan lauk yang lainnya. Nasi + lento sudah sangat enak. Oh ya?!

Dannn... hari ini saya membuat lento tersebut, setelah selama ini saya sama sekali belum pernah mencoba membuatnya sendiri. Tadinya, seperti biasa jika di kulkas ada bahan makanan mentah yang mendekati masa expired (misalnya : sawi yang udah layu, bayam atau kangkung yang udah ga seger lagi, tempe atau tahu yang udah beberapa hari nginep di kulkas, dll), selalu saya berikan si mbak daripada saya buang. Mubadzir euy! Nah, kemarin sore saya melihat tempe medem itu di kulkas, dan tiba-tiba saya ingin membuat lento. Lalu, langsung saja tempe tersebut saya kukus. Mumpung belum berubah pikiran, jadi buru-buru aja ngukusnya, hehehe... Dan setelahnya, saya simpan di kulkas lagi untuk keesokan harinya. Sebenarnya mau dimasak sore itu juga, tapi di meja makan masih ada beberapa lauk tersisa, jadi, daripada terbuang percuma, saya masak esok hari saja, yaitu hari ini.

Bahannya tidak sulit, cenderung tersedia di kulkas kita. Setelah saya mengingat-ingat bumbu apa yang dipakai ibu saya sembari saya googling, saya memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan ini :

Tempe medem (pastinya), saya menggunakan satu papan tempe medem, kukus dulu ya bunda
3 bawang merah dan 2 bawang putih, dikira-kira aja ya bun
Kencur. Saya hanya menggunakan sepertiga ruas jari, karena nemunya cuma segitu di kulkas
Daun bawang, iris tipis
3 daun jeruk, iris tipis, buang tangkainya
Kelapa muda, sedikit saja. Saya tadi beli dua ribu rupiah saja bunda
Telor, kocok lepas

Cara membuat :

   1.     Haluskan bawang merah + bawang putih + kencur. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya.
     2.      Setelah halus, iris kecil-kecil tempe medem (agar mudah saat dihaluskan) lalu haluskan bersama bumbu.
      3.      Setelah halus, tambahkan kelapa muda parut + irisan daun jeruk. Campur hingga rata
    4.    Tuang telor sedikit-sedikit di ulegan tempe medem yang sudah dibumbui tadi sembari dicampur hingga rata
     5.    Bentuk bulat-bulat, lalu goreng hingga kecoklatan

Oh ya, bagi yang suka pedas, bisa ditambahkan cabe rawit di ulegan bumbunya. Beberapa orang tidak menggunakan telor dan diganti dengan tepung terigu dicampur air sedikit. Ada juga yang tidak menggunakan kelapa muda atau daun bawang. Tetap enak kok. Karena kelezatan makanan tidak semata dinilai dari bahan-bahannya, melainkan juga dari bagaimana kita memasak dan menyajikannya. Jadi, selama kita memasak menggunakan ‘bismillah’ dan menyajikan dengan tersenyum, insya Allah semuanya terasa yummy (^_^)

*happy lunch, AyBun and Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar